Hospitality 1 - Pengertian Hospitality

HOSPITALITY. Pernah mendengar kata Hospitality? atau sedang belajar Hospitality? ingin Belajar Hospitality? Apakah kita Pernah Melakukan atau Menjadi Pelaku Hospitality.
Kata hospitality sering kita dengar di hotel, villa, restaurant & bar atau hal - hal yang berkaitan dengan kepuasan tamu.

    Secara umum hospitality memiliki arti "keramah-tamahan", maka jangan heran jika anda berkunjung ke hotel kemudian seluruh pegawai hotel akan tersenyum dan menyapa anda dengan ramah. Ini dimaksudkan agar tamu yang berkunjung ke hotel menjadi puas (Satisfy). Hospitality ini merupakan modal utama untuk menjaga hubungan atau relasi antara manusia dengan manusia agar tercipta hubungan baik yang berkelanjutan, seperti pegawai hotel dengan tamunya.

http://alirosul.blogspot.co.id/


Apa itu Hospitality ?

Hospitality sering salah diartikan sebagai rumah sakit. Walaupun rumah sakit merupakan salah satu majemen yang mempraktikkan ilmu hospitality industri. Namun pada dasarnya hospitality merupakan suatu sikap keramah-tamahan yang dilakukan antara sesama manusia. Hospitality sering kita jumpai di pasar, bank, rumah sakit, SPBU dan lain-lain. Beberapa pengertian hospitality dengan beberapa sudut pandang:
1.        Hospitality adalah terjemahan dari kata benda Latin hospitium (atau kata sifatnya hospitalis), yang berasal dari hospes, yang artinya “tamu” atau “tuan rumah”. Konsep ini juga dipengaruhi oleh kata Yunani xenos, yang menunjuk kepada orang asing yang menerima sambutan atau yang melakukan penyambutan terhadap orang lain. (Michele Hershberger)
2.        Hospitality dari kata hospes yang berarti tamu; hospitalitas berarti sikap sebagai tuan rumah yang baik) sering diartikan sebagai keramah-tamahan orang yang suka menjamu, akrab dan dapat menciptakan suasana santai (Henri J.M. Nouwen).
3.        Hospitality merupakan inter­aksi antara tuan rumah (hosts) dengan tamu (guests) pada saat yang bersamaan mengkonsumsi makanan/minuman dan akomodasi (tim STP Bali, 2008).
4.        hospitality didefinisikan sebagai kata friendly yang artinya ‘ramah’ yang murah hati atau dermawan dan memberikan hiburan kepada tamu atau orang baru. Kadang-kadang sering digunakan untuk memberikan perlakuan istimewa terhadap tamu yang tinggal dan menggunakan fasilitas keramah-tamahan. Adapun industri hospitaliti dapat diartikan sebagai perusahaan yang terlibat dalam penyediaan jasa untuk tamu (Conciere Oxford Dictionary).
5.        Keramah-tamahan adalah kesukaan/ kesediaan menerima tamu (Kamus Inggris–Indonesia, John M. Echols Dan Hassan Shadily).
6.        Hospitality memiliki arti keramah tamahan, kesopanan, keakraban, rasa saling menghormati. Jika dikaitkan dengan industri pariwisata, dapat diibaratkan bahwa hospitality merupakan roh, jiwa, semangat dari pariwisata. Tanpa adanya hospitality dalam pariwisata, maka seluruh produk yang ditawarkan dalam pariwisata itu sendiri seperti benda mati yang tidak memiliki nilai untuk dijual (S.Pendit, 2007 : 152)
Menurut Robert Christie Mill : "The hospitality of an area is the general feeling of welcome that tourists receive while visiting the area. People do not want to go where they do not feel welcome" (1990), yaitu hospitality adalah tempat dimana wisatawan dapat merasa diterima ketika mengunjungi tempat itu. Orang-orang tidak akan datang jika mereka merasa tidak diterima.

0 Response to "Hospitality 1 - Pengertian Hospitality"

Post a Comment

Hastag

#VisitIndonesia #VisitSouthSumatera #VisitPalembang
#FreeTourGuide #AmateurTourGuide #AmateurCook #AmateurBaker #Amateur #AddFriend #Experience
#Blogger #Tourism #PesonaIndonesia #AliRosulBlog
#AliRosul